Sabtu, 27 Mei 2017

Centrifuge

Gambar 1. Sentrifus

Definisi :
    Sentrifus merupakan alat yang digunakan untuk memisahkan organel berdasarkan massa jenisnya melalui proses pengendapan. Dalam prosesnya, sentrifus menggunakan prinsip rotasi atau perputaran tabung yang berisi larutan agar dapat dipisahkan berdasarkan massa jenisnya. Larutan akan terbagi menjadi dua fase yaitu supernatant yang berupa cairan dan pellet atau organel yang mengendap. Peralatan sentrifus terdiri dari sebuah rotor atau tempat untuk meletakan larutan yang akan dipisahkan. Rotor ini nantinya akan berputar dengan cepat yang akan mengakibatkan larutan akan terpisah menjadi dua fase. Semakin cepat perputaran yang dilakukan, semakin banyak pula organel sel yang dapat diendapkan begitu juga sebaliknya.

Fungsi : 

1. Pemisahan (padat/cair, padat/cair/cair dan padat/padat/cair). Sentrifugasi dapat digunakan untuk pemisahan padat - cair menyediakan padatan berat dari cairan. Sentrifus juga dapat digunakan untuk memisahkan fase berat, dan dua fasa cair ringan, dengan salah satu fase ringan yang lebih ringan dari lainnya. 
2. Klasifikasi urutan berdasarkan ukuran dan densitas. Sentrifus digunakan untuk mengklasifikasikan padatan dengan ukuran yang berbeda. Salah satu aplikasi adalah untuk mengklasifikasikan kristal berbagai ukuran yang berbeda, dengan kehalusan ukuran submikron dengan fase ringan dan hanya mempertahankan ukuran yang lebih besar pada fase berat yang dipisahkan. Salah satu dari padatan dipisahkan menjadi produk. 
3. Menghilangkan partikel kebesaran dan asing (Degritting). Degritting mirip dengan klasifikasi di mana partikel yang tidak diinginkan, lebih besar atau lebih padat, ditolak diendapan, dengan produk (lebih kecil atau kurang padat) meluap di fase cair yang lebih ringan. Situasi lain adalah dimana partikel yang tidak diinginkan lebih kecil ditolak dalam fase cair ringan, dan padatan berat yang berguna diselesaikan dengan fase berat. 
4. Penebalan atau menghapus konsentrasi cair sentrifus sering digunakan untuk berkonsentrasi fase padat dengan pengendepan dan pemadatan, menghilangkan fase cairan berlebih di overflow. Ini mengurangi volume produk dalam pengolahan berkonsentrasi padatan. 
5. Pemisahan kotoran dengan mencuci atau pengenceran (repulping). Dengan suspensi pekat yang mengandung kontaminan seperti garam dan ion, itu diencerkan dan dicuci sehingga kontaminan dilarutkan dalam cairan pencuci. Selanjutnya, suspensi tersebut disentrifugasi untuk 4 menghilangkan cairan pencuci dengan kontaminan terlarut atau padatan tersuspensi halus. Selanjutnya, produk dapat lebih terkonsentrasi dengan sentrifugasi.

Bagian-bagian centrifuge

Gambar 2. Bagian-bagian Sentrifus

•       Motor
    Biasanya motor yang digunakan pada centrifuge adalah motor AC. kecepatan motor yang tinggi akan menghasilkan gaya sentrifugal yang tinggi.
   Pada banyak kasus kerusakan. Biasanya terjadi sekat arang motor. Dengan mengganti  sekat arang yang baru maka centrifuge dapat dipergunakan kembali.
•       Speed Control     
    Untuk mengatur kecepatan motor agar sesuai dengan kebutuhan tanpa speed control motor akan berputar dengan kecepatan maksimum. Digunakan rangkaian pembatas tegangan atau semacam dimer untuk bagian speed control
•       Timer
    Berfungsi untuk mengatur lamanya alat bekerja. Rangkaian timer ada 2 jenis. Yakni timer mekanik dan timer digital. Timer mekanik memanfaatkan sistem mekanis untuk mengatur waktu operasional alat. Sedangkan timer digital menggunakan sistem counter down digital untuk mengatur waktu operasioanl alat.
•       Break system
    Pengereman motor diperlukan agar putaran motor dapat dengan segera dihentikan.
•       Pengunci tutup
    Pengunci tutup digunakan untuk mengamankan user agar tidak membuka atau terbuka secara tidak sengaja tutup centrifuge. Apabila tutup ini terbuka dapat mengakibatkan sample yang diputar terlempar keluar. Tidak semua jenis centrifuge terdapat pengunci tutup.
•       Tempat tabung
    Tempat tabung centrifuge didesain dengan sudut kemiringan tertentu agar menghasilkan gaya centrifugal.  Jumlah lubang untuk tabung pun dibuat genap. Ini dimaksudkan agar tercipta keseimbangan beban ketika motor berputar.

CARA KERJA ALAT
1. Menyiapkan larutan yang akan dimurnikan atau dipisahkan.
2. Menyambungkan centrifuge pada aliran arus listrik.
3. Menyalakan centrifuge.
4. Membuka penutup centrifuge dengan tekan tombol open.
5. Memasukkan larutan kedalam tabung centrifuge. Larutan yang dimasukkan pada stiap tabung haruslah sama ukurannya.
6. Memasukkan tiap tabung ke dalam lubang centrifuge. Untuk meletakkan gelas tabung berisi larutan yangakan dimurnikan, tabung harus diletakakkan secara bersilang berlawanan. Namu hal ini tidak perlu dilakukkan jika semua lubang pada centrifuge terisi penuh oleh tabung larutan yang akan dimurnikan.
7. Menutup kembali penutup cebtrifuge.
8. Set atau atur waktu yang diperlukan dan tentukan pula kecepatan rotasi putaran yang diinginkan.
9. Menekan tombol ON untuk memulai memurnikan.
10. Setelah pemurnian selesai, menekan tombol open dan ambil semua larutan dalam tabung yang telah dimurnikan dengan cara mengambilnya secara berseling berlawanan pula. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar